Cetak Dus Kemasan

Kebutuhan akan cetak dus kemasan saat ini terus meningkat, hal ini sejalan dengan perkembangan usaha di Indonesia yang terus meningkat. Dus kemasan merupakan sebuah kemasan yang memadupadankan bentuk, material, struktur, warna, citra, tipografi dan elemen lainnya yang ditujukan untuk mengemas suatu barang agar menjadi lebih praktis dan aman. Selain itu, kemasan juga dijadikan sebagai tempat untuk melindungi, mengirim, menyimpan, mengeluarkan, mengidentifikasikan hingga membedakan sebuah produk yang terdapat di pasaran.

Suatu kemasan yang dirancang dengan baik maka mampu memberikan ekuitas merek dan mendorong penjualan. Tak heran jika akhirnya banyak orang yang mulai peduli akan pentingnya sebuah kemasan sebagai penunjang daya tarik masyarakat terhadap suatu produk. Untuk lebih jelasnya terkait dengan dus kemasan akan kami ulas lengkap dibawah ini.

Beberapa Hal Penting terkait dengan Cetak Dus Kemasan

Fungsi Dus Kemasan

Pentingnya sebuah dus kemasan saat ini telah disadari oleh sebagian besar masyarakat. Kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus barang saja melainkan juga berfungsi sebagai protektif dan promotional. Fungsi dus kemasan sebagai protektif berhubungan dengan perbedaan iklim, proteksi produk, prasarana transportasi serta saluran distribusi yang berimbas pada pengemasan agar barang terhindar dari rusak atau cacat.

Sementara untuk dus kemasan yang berfungsi sebagai promotional berarti kemasan tersebut berhubungan dengan promosi yang ditujukan sebagai pertimbangan preferensi konsumen.

Kertas yang Digunakan

Setelah memahami fungsi dari dus kemasan, Anda juga harus mengetahui beberapa jenis kertas yang biasa digunakan untuk cetak dus kemasan. Pada dasarnya, setiap pelaku bisnis memilki standar tersendiri untuk memilih jenis kertas yang akan digunakan. Namun, pada umumnya jenis kertas yang digunakan untuk dus kemasan seperti dupleks, art paper dan ivory. Berat kertas yang digunakan juga berbeda-beda, untuk kertas dupleks dalam satu kemasan memiliki ukuran mulai dari 250 gr, 310 gr, 350 gr dan 400 gr.

Jenis Finishing dalam Proses Dus Kemasan

Jenis finishing yang digunakan untuk proses dus kemasan seperti standar, laminasi dan windows/pond dan laminasi. Ketiga jenis finishing ini tentu memiliki keunggulan tersendiri. Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan selera masing-masing.

Ukuran Dus Kemasan

Cetak dus kemasan memiliki ukuran yang sangat beragam mulai dari 14x14x6, 16x16x6, 18x18x7, 20x20x7, 22x22x7, 24x24x10. Itulah beberapa ukuran yang umum digunakan, namun biasanya konsumen juga dapat melakukan custom sendiri sesuai dengan keinginannya.

Tipe-tipe Dus Kemasan

Dus kemasan yang telah beredar di pasaran umumnya terdiri dari empat tipe yaitu tipe triple wall board, double wall board, single wall board dan single face board. Untuk lebih jelasnya, bentuk dari masing-masing tipe dus kemasan tersebut sesuai dengan julukannya yaitu untuk single face board berarti dus kemasan hanya terdiri dari satu sisi muka/bagian saja. Begitu juga untuk yang double hingga triple berarti terdiri dari dua atau tiga bagian.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Dus Kemasan

Pada dasarnya kardus memiliki arah gelombang yang vertikal sehingga dapat memberikan ketahanan untuk stacking atau menumpuk. Untuk itu, sebaiknya Anda harus jeli dalam memilih kardus kemasan yang akan dipilih. Pastikan terlebih dahulu ketahanannya, baik ketahanan dari robek atau busting strength serta ketahanan jika produk di kemas dalam dus tersebut.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui mengenai cetak dus kemasan, agar menambah wawasan Anda sebelum membelinya. Untuk pemesanan dus kemasan maka dapat membelinya di tempat kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *